Welcome to my blog :)

rss

Senin, 27 April 2009

Hubung singkat - short circuit

Sering kita mendengar bahwa hubung singkat (hubungan pendek - short circuit) oleh arus listrik merupakan penyebab kebakaran yang paling banyak. Hubung singkat tersebut seolah-olah menjadi penyebab utama padahal belum tentu demikian. Kesimpulan tersebut mudah dan cepat diambil karena tidak alasan lain, atau sulit menemukan bukti-bukti karena sudah terbakar semua.
Kalaulah hal tersebut benar demikian, maka perlu diketahui cara guna menghindari berulangnya kejadian tersebut . Pertama-tama yang harus diketahui adalah dari mana kemungkinan asal api tersebut yang kemudian memicu timbulnya api , dan terjadi kebakaran, antara lain :
a. Instalasi yang tidak baik, sudah tua.
b. Sambungan yang tidak baik.
c. Penampang kabel yang terlalu kecil.
d. Pembatas arus listrik yang tidak tepat.
e. Faktor luar lainnya.

Instalasi yang tidak baik.
Hal ini bisa terjadi karena faktor usia dari instalasi, tetapi juga bisa dikarenakan cara pemasangan instalasinya tidak memenuhi syarat. Hal tersebut menyebabkan kabel positif dan negatif tidak ada tahanan lagi dan terhubung satu dengan yang lain, terjadilah hubungan singkat ( short circuit ) dan dapat muncul api, selanjutnya apakah akan memicu kebakaran? Tergantung material sekitar titik hubung singkat.

Sambungan yang tidak baik.
Sambungan yang tidak sempurna membuat aliran arus listrik dari sumber ke pemakai terganggu, sehingga timbul loncatan bunga api dan panas, bahkan untuk arus yang cukup besar dapat timbul loncatan bunga api yang lebih besar juga.

Kabel yang terlalu kecil,
Apabila kita memegang kabel dan terasa hangat, maka menunjukkan bahwa kabel terlalu kecil untuk kebutuhan alat tersebut, harus segera diganti agar tidak makin panas dan menjadi penyebab kebakaran.

Pembatas arus listrik yang tidak tepat.
Dalam aturan instalasi maka setiap panel pembagi listrik, telah dipikirkan pembatas arusnya ( Fuse, Zekering, MCB ), sehingga tatkala terjadi hubung singkat,dan arus listrik besar mengalir, maka pembatas arus listrik tersebut akan memutus aliran listrik ke instalasi tersebut, namun apabila pembatas arus tersebut diganti dengan pembatas arus yang mempunyai kemampuan lebih besar dari seharusnya, maka hubung singkat terjadi lama dan kemungkinan api timbul.

Faktor luar lainnya.
Kemungkinan hewan-hewan yang tidak diundang dapat menyebabkan kebakaran, apabila mereka menjadi penyebab berubahnya posisi kabel positif maupun negatif yang tadinya jauh kemudian menjadi berdekatan ( khusus kabel telanjang) , atau menggigit isolasi kabel sehingga menjadi telanjang sehingga mudah satu dengan yang lain bersinggungan , maka hal tersebut juga bisa memicu kebakaran.

Bagaimana cara mengurangi kemungkinan kejadian tersebut? antara lain :
Membuat instalasi yang dengan baik dan diperiksa oleh instalatur terdaftar, pada lokasi sambungan disambung dengan kuat dan diberi isolasi, memakai kabel yang sudah berstandar PLN, jangan mengganti pembatas arus listrik seenaknya tanpa memperhatikan standar instalasi, dan kurangi kemungkinan binatang - binatang yang dapat merusak instalasi

Semoga membantu teman-teman yang suka bermain-main dengan listrik, barangkali ada komentar tambahan ? silahkan bergabung.

2 komentar:

  1. well nice post. Menambah wawasan saya dan mengingatkan untuk lebih berhati-hati.

    Thanx

    BalasHapus
  2. wew, bgus jg isi nya...
    lmyan nih bwat tambh2 referensi.

    btw mna psting nya yg berjdul busines????

    BalasHapus

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.