Welcome to my blog :)

rss

Selasa, 16 Juni 2009

Taxiway - Apron


Setelah pesawat mendarat di landasan pacu, perlu segera mencari tempat parkir , agar pesawat mencapai disana maka harus ada jalan yang dinamakan taxiway yaitu suatu jalur tertentu didalam lokasi Bandar Udara yang menghubungkan antara landas pacu dengan landas parkir dimana pesawat diparkir. Semakin banyak jalan ini maka semakin cepat pesawat meninggalkan landasan pacu , sehingga landasan pacu dapat segera dipergunakan oleh pesawat lain baik yang mau terbang maupun yang akan mendarat.
Ada bandara - bandara dimana begitu pesawat mendarat masih dengan kecepatan tinggi, dia sudah bisa belok keluar landasan, fasilitas ini juga dibuat agar pesawat yang mendarat bisa langsung keluar landasan pacu . Fasilitas ini disebut " High speed exit taxiway".
Sedangkan Apron adalah suatu bidang tertentu didalam bandar udara yang disediakan sebagai tempat bagi pesawat saat melakukan kegiatan menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang-barang penumpang.
Baik taxiway maupun apron tidak boleh ada air yang menggenang sehingga dibuat sedemikian rupa agar air harus segera keluar dari lokasi tersebut.
Nama-nama diatas adalah untuk pesawat yang mempunyai sayap tetap, lain lagi dengan helikopter yang bisa mendarat dimana saja, nggak perlu landasan pacu, taxiway maupun apron, yang diperlukan hanya helipad (= lokasi pendaratan khusus helikopter - bisa terdiri dari ruang terbuka dengan diameter beberapa meter, sesuai dengan besar kecilnya pesawat tersebut).
Ini dulu ya, untuk gambar helipad ada disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.