Welcome to my blog :)

rss

Minggu, 03 Mei 2009

Fasilitas Bandara 1


Tatkala kita memasuki sebuah Bandara ( Bandar - Udara ), macam-macam terpikir dalam benak kita sesuai dengan latar belakang profesi kita. Yang berlatar belakang keuangan memikirkan, berapa ya biaya mbangunnya? biaya merawatnya?, untungnya berapa ya?, yang berlatar belakang administrasi/manajemen akan cepat terlintas bagaimana ya mengelolanya?, berapa karyawannya? berapa gajinya ? yang berlatar belakang teknik bagaimana arsitekturnya?, landasannya? listriknya? dsb. Yang komersil, lingkungan dsb akan lain lagi pemikirannya, demikian seterusnya................dst dst.
Sedikit yang memikirkan bagaimana pesawat kalau akan terbang atau mau turun,...... memang kita tidak perlu lagi memikirkan karena semua tadi sudah dipikirkan oleh pesohor-pesohor penerbangan yang tertuang kedalam aturan organisasi penerbangan sipil internasional ( ICAO) dengan anex anex nya. Kebetulan Indonesia menjadi salah satu anggauta organisasi tersebut.
Walau demikian saya akan mengenalkan kepada teman-teman awam bandara dengan mengajak anda untuk melihat dan membayangkan fasilitas minimal apa saja yang diperlukan untuk membantu penerbang menaikkan dan menurunkan pesawatnya dalam sebuah Bandara, dengan mempergunakan bahasa sederhana.
Secara garis besar fasilitas yang sangat dibutuhkan dibagi menjadi beberapa bagian besar, fasilitas pokok yaitu Fasilitas Sisi Darat , Sisi Udara, Navigasi Penerbangan, Komunikasi , Alat Bantu Pendaratan dan penunjang Bandar Udara.

Fasilitas Sisi Darat
Disebut juga Landside Fasility, meliputi bangunan-bangunan yang menunjukkan adanya sebuah bandar udara di lokasi tersebut yaitu : Bangunan Terminal penumpang cargo, operasi, menara pengawas, VIP, meteo, depo bahan bakar, bangunan administrasi atau perkantoran, jalan masuk bahkan bangunan SAR ( Search and Resque) .

Selanjutnya sabar ........... tunggu postingan 2 ya ............masih booanyak.

2 komentar:

  1. belum ke terminal-3 yang baru itu sih.. tapi karena masih baru, mungkin fasilitasnya masih bagus yah.

    BalasHapus
  2. Kalau begitu kapan-kapan mampir ya ? Terimakasih mas kunjungannya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.