Welcome to my blog :)

rss

Minggu, 17 Mei 2009

Landasan Pacu


Hi teman, ketemu lagi ya,........ postingan kali ini pingin ngelirik lokasi pada saat kita berada didalam pesawat dan sedang mendarat dibumi, atau meninggalkan bumi menuju ke angkasa yaitu landasan pacu.
Landasan pacu adalah bidang persegi panjang tertentu di lokasi Bandar Udara yang diperkeras dan disiapkan untuk kegiatan pendaratan dan tinggal landas , lebar landasan pacu mulai dari 18 m s.d. 45 m dengan panjang 800 s.d. 2200 m atau lebih tergantung kelas Bandara.
Landasan pacu ini kekerasannya sesuai dengan perhitungan tonase/berat pesawat terbesar yang akan mendarat plus penumpang dan bagasinya, begitu pula panjang dan lebarnya.
Saat-saat kritis adalah pada saat mendarat atau mulai terbang, pernahkah terpikir jangan-jangan landasannya terlalu pendek atau kurang panjang ya?
Dalam keadaaan semua normal tidak mungkin keterusan sampai keujung landasan, semua sudah diatur, bahkan sekarang seorang pilot dapat mendaratkan pesawatnya dengan menyerahkan kepada "auto pilot" , tapi biasanya jarang dilakukan , siapa sih yang percaya begitu saja kepada robot untuk mendaratkan burung raksasa tersebut? pasti lebih percaya diri kalau dikendalikan sendiri.
Walau demikian pilot masih perlu dukungan doa dari para penumpang pada saat kritis tersebut, kadang-kadang masih ada saja yang bandel dengan sms an atau tilpon-tilponan, biasanya pramugari paling gemes ingin ngremet/meremas untuk menghancurkan hpnya penumpang yang seperti itu, wong kita saja juga gemes. Kedepan barangkali 2-3 tahun lagi nanti kita bisa tetap sms an atau tilpon2an, sekarang sedang di budi dayakan.
Landasan pacu ini diberi marka ( tanda-tanda) daerah ambang plus nomor landasan, daerah sentuh roda pesawat pertama kali di landasan dan ujung landasan. Nomor landasan pacu ini sesuai dengan arah derajat azimuth, dimana arah utara adalah nol derajat, sesuai jarum arah jarum jam memutar kekanan. Sebaliknya adalah arah selatan 180 derajad ( nomor 18 ).
Tidak boleh ada kerikil atau benda benda lain disekitar ini, karena sangat berbahaya, bayangkan apabila ada kerikil yang kesedot mesin pesawat pada saat full power mau terbang, maka mesin akan rusak, pesawat tidak bisa berhenti di angkasa kecuali helikopter, sehingga air hujan pun harus segera minggir keluar dari landasan pacu, yaitu dengan dengan cara membuat landasan pacu sedikit miring kekiri dan kekanan.
Bekas-bekas ban roda pesawat tatkala bergesekan dengan landasan pun harus sering dibersihkan agar tidak menambah licin landasan.
Yah itu dulu ya, besok ditambah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.