Welcome to my blog :)

rss

Jumat, 22 Mei 2009

Menara Eiffel

Eiffel,......... pasti pernah mendengar kata ini, ini adalah nama sebuah menara yang menjulang tinggi di pusat kota Paris, perancang menara tersebut adalah Gustave Eiffel, yang juga menjadi perancang patung Liberty di Amerika.
Tuan Alexandre Gustave Eiffel bersama rekan-rekannya merancang dan mendirikan menara setinggi 312 meter ( sekarang total 324 meter) yang menjulang sangat tinggi ini sejak tahun 1889 lalu, bandingkan dengan Monumen Nasional di Jakarta yang 110 meter saja sudah kelihatan cukup tinggi.
Untuk bisa menaiki sampai di puncak harus mendaki anak tangga yang berjumlah 1665 anak tangga, atau lift 2 unit bergantian untuk naik dan untuk turun. Dilantai 2 penjual souvenir boanyak sekali.
Pada tahun 1900 bangunan megah yang terdiri dari rangka besi dan kaitan baja ini hampir dirobohkan karena mengganggu keindahan kota Paris. Namun belakangan justru dilestarikan sampai sekarang karena ternyata dapat mendatangkan pemasukan pemerintah dan bahkan negara. Saat sekarang juga dipergunakan untuk pemasangan antena-antena radio dan TV.
Di puncak menara terpampang gambar bendera dari negara negara di dunia berikut jaraknya dari menara ini.
Pemandangan indah sekitar kota Paris dapat dilihat dari sini, terlebih pada malam hari, semakin megah kelihatannya bangunan ini,.......... ach jadi kepingin kesana lagi.
Teman-teman pasti bisa kesana, mumpung belum jadi di-roboh-kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.