Welcome to my blog :)

rss

Senin, 18 Mei 2009

Kesetrum Listrik

Pernah kesetrum ? Pertanyaan aneh, kata " setrum" saya nggak tahu dari mana asalnya, kayaknya dari Belanda. Mungkin anda pernah mengalami sendiri peristiwa kesetrum ini, walau nggak ada kabel listrik yang melintang disitu,.... koq bisa? Coba diingat-ingat, waktu dulu berjabat tangan atau kesenggol sama si nengneng, si doi, si,............... ada setrum yang mengalir, bergetar, panas dan..... etc , kan nggak ada kabelnya bukan? Itu dulu,...............
Lain lagi diisini, ini benar-benar kesetrum oleh karena listrik? Kenapa bisa kesetrum? Karena tubuh kita pada saat kesetrum itu seolah-olah menjadi kabel yang sedang dialiri listrik dari sumber listrik PLN - ketanah, makanya kalau kita memakai sepatu karet yang baik kita tidak kesetrum walau pegang-pegang kabel listrik yang ada setrumnya.
Kabel adalah material yang mudah menyalurkan listrik biasanya dari bahan tembaga atau alumunium dsb. Tubuh manusia 80 prosen terdiri dari air/cairan jadi mudah menyalurkan listrik sehingga rentan terhadap setrum, kita masih terasa bergetar kalau memegang kabel listrik dengan tegangan listrik diatas 50 volt AC.
Pada umumnya listrik dari PLN adalah 220 volt, jadi masih banyak kemungkinan kita bisa kesetrum listrik ini , akibat tidak sengaja kita memegang kabel yang ada setrumnya dan kita berdiri ditanah tanpa alas .
Ada cara untuk menghindari agar setrum ini agar tidak membahayakan bagi kita dan terutama anak-anak kecil , yaitu dengan memasang alat kebocoran listrik ( ELCB = Earth Leakage Circuit Breaker) pada panel listrik yang ada dirumah kita. Alat ini akan dihubungkan ketanah melalui kabel dan dipantek kedalam tanah, sehingga pada saat ada orang kesetrum, ELCB akan merasakan dan mematikan aliran listrik secara otomatis, listrik yang semula mengalir ditubuh orang yang kesetrum dideteksi, dan dia mengatakan "berbahaya", lantas perintah selanjutnya adalah " matikan sumber listrik".
Bagaimana? sudah pasang belum? Silahkan pasang melalui tukang listrik yang anda kenal baik, supaya benar- benar dipasang dengan baik juga, tidak mahal koq alatnya, tergantung sensi nya berapa miliampere ( satuan arus listrik = ampere).

2 komentar:

  1. Nanti saya kalo mau jalan sama dia paket sepatu keret biar ga nyetrum *halah-halah*

    BalasHapus
  2. Cepetan dunk jalan ma dia, pingin tahu pakai sepatu karet pa nggak he he he.!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar tentang tulisan ini.